Home » » DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER 1

DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER 1

Membuat RPP merupakan kegiatan yang membosankan bagi  setiap bapak/ibu guru. selain itu cukup menguras waktu dan tenaga. maka dari itu kali ini saya bagikan RPP Bahasa Inggris yang sudah direvisi.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                               :  SMPN .............
Mata Pelajaran               :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester             :  VII / I (satu)

Standar Kompetensi      :     1.  Mendengarkan
memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar         :     1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang.
Indikator                        :     Merespon ungkapan ungkapan :
F  sapaan orang yang sudah  / belum dikenal
F  perkenalan diri sendiri / orang lain
F  perintah / larangan
Jenis Teks                       :     Transactional / Interpersonal
Tema                              :     what is your name?
Aspek / Skill                  :     Mendengarkan
Alokasi Waktu               :     4 x 40 menit

1.  Tujuan Pembelajaran                  :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.      Merespon ungkapan sapaan dari orang yang sudah dikenal secara cermat dan rasa ingin  tahu.
b.      Merespon ungkapan sapaan dari orang yang belum dikenal secara cermat dan rasa ingin  tahu.
c.      Merespon ungkapan perkenalan diri sendiri secara cermat dan sopan.
d.     Merespon ungkapan perkenalan orang lain secara cermat dan sopan.
e.      Merespon ungkapan perintah dengan sopan
f.       Merespon ungkapan larangan.dengan sopan

2.  Materi Pembelajaran                   :
a.       Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
1.      A : Good morning. How are you ?
         B : Good morning. Fine thank you.
2.      A : Hello, I’m Nina. Nice to meet you
         B : Hello, I’m Renny. Nice to meet you, too
3.      A : Don’t do that !
         B : No, I won’t. Don’t worry
4.      A : Stop it !
         B : Ok
b.      Kosakata terkait tema / jenis teks.
      Misalnya : name, live, address, dsb
c.       Verbs : live, meet, do, stop, have
d.      To  be : is, am, are
e.       Personal Pronouns : I, you, we, they, he, she, it
f.        Ungkapan baku :               - Good morning                               - Don’t worry
                                          - Thanks                                           - Nice to meet you
                                          - OK                                                 - How are you?
3.  Metode Pembelajaran / Teknik  : Three-phase technique

4.  Langkah-langkah Kegiatan        :
Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Apersepsi :
       -            Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan dan perkenalan
2.      Motivasi :
-        Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasi              siswa
b.      Kegiatan Inti
1.         Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan dan perkenalan dengan berpikir kritis,cermat, dan rasa ingin tahu
2.         Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan dan perkenalan dengan berpikir kritis,cermat, dan rasa ingin tahu
3.         Menjawab / merespon pertanyaan,secara cermat dan sopan.
4.         Melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan soal-soal.
c.       Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.       Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

Pertemuan Kedua
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.         Apersepsi :
-        Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan dan perkenalan
2.         Motivasi :
-       Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
b.      Kegiatan Inti
1.         Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang dengan berpikir kritis
2.         Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang, secara cermat dan rasa ingin  tahu.
3.         Menjawab / merespon pertanyaan,secara cermat dan sopan.
4.         Melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan soal-soal.
c.       Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.       Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

5.  Sumber Pembelajaran                 :
Buku teks : English in focus 1: for grade VII Junior High School,Artono Wardiman, Depdiknas, 2008

6.  Penilaian                                       :
a.       Teknik             : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis.
b.      Bentuk            : Pertanyaan lisan
c.       Instrumen        :

I.   Listen to the expressions and give your response orally

1.      Good morning. How are you?
     ………………………………………………………………..
2.      Hi, I’m Reno and you are?
     ………………………………………………………………..
3.      Are you Anisa?
     ………………………………………………………………..
4.      Hello, it’s nice to meet you
     ………………………………………………………………..
5.      Who is that girl?
                 ………………………………………………………………..

II.  Listen to the expressions and choose the best response, a, b, c or d.
1.      A: Hello, how are you?
      B : …
      a. Fine, thanks             b. I’m Renny            c. Thank you            d. Don’t worry           
2.      A: Is that your sister, Anna?
      B : …
      a. Yes, it is          b. No, she’s not here        c. I don’t know        d. Very well, thanks    .
3.      A: Budi, this is my friend, Susan.
      B : Hi, Susan …
      a. Fine, thanks.            b. It’s Ok                  c. Nice to see you     d. I’m alright
4.      A: Open the door !
      B : …
      a. OK                          b. Fine                      c. Good                    d. Really
5.      A: Don’t be late to school.
      B: …
      a. Yes, Sir                    b. No, Sir                  c. Ok, Sir                  d. Fine, Sir

d.      Pedoman Penilaian:
1.      Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 3
2.      Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.      Jumlah skor maksimal                  


Mengetahui :
Kepala Sekolah



------------------------------------
Lunyuk,                    2015
Guru Mata Pelajaran



I MADE SUNARTA, S.Pd.Ing
NIP. 19820729 2001406 1 041











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                :  SMPN ..........
Mata Pelajaran                 :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester              :  VII / I (satu)

Standar Kompetensi        :    1.  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar           :    1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
Indikator                         :    Merespon ungkapan-ungkapan :
-          Meminta dan memberi informasi yang dapat dipercaya
-          Ungkapan terima kasih dengan hormat dan perhatian
-          Permintaan maaf dengan penuh rasa tanggung jawab
-          Kesantunan dengan sopan
Jenis Teks                        :    Transaksional / interpersonal
Tema                               :    Personal life
Aspek / Skill                    :    Mendengarkan
Alokasi Waktu                :    4 X 40 menit

1.  Tujuan Pembelajaran                  :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat merespon ungkapan-ungkapan :
-          Meminta dan memberi informasi yang dapat dipercaya
-          Ungkapan terima kasih dengan hormat dan perhatian
-          Permintaan maaf dengan penuh rasa tanggung jawab
-          Kesantunan dengan sopan

2.  Materi Pembelajaran                   :
a.  Percakapan-percakapan singkat yang memuat uangkapan-ungkapan berikut:
1.   A   :  Where’s the book?
      B    :  It’s there
2.   A   :   Thank you
      B    :  You’re welcome
3.   A   :   I’m sorry
      B    :  It’s okey
4.   A   :   Please!
      B    :  All right, thanks.
b.   Kosa kata terkait tema / jenis teks:
      Misalnya                   : where, live, address, here, enter, house, far, there, tired, dll.
c.   Verb                         : come, walk, take, ride
d.   To be                        : is, am, are
e.   Personal pronouns    : I, you, we, they, he, she, it
f.    Ungkapan baku        : - Where’s ....?
                                          - It’s there
                                          - Thank you
                                          - You’re welcome
                                          - I’m sorry
                                          - It’s okey
                                          - Please!
                                          - All right, thanks.                  

3.  Metode Pembelajaran / Teknik  :  Three – phase Technique

4.  Langkah-langkah Kegiatan        :
Pertemuan Pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan
1.      Apersepsi :
-       Tanya jawab mengenai nama-nama hari dan bulan
-       Tanya jawab mengenai waktu (pengucapan jam)
2.      Motivasi :
Menanyakan jadwal pelajaran hari tersebut.
b.      Kegiatan Inti
1.      Mendengarkan dan merespon ungkapan tentang meminta dan memberi informasi tentang nama-nama hari, bulan dan waktu secara kreatif  dan cermat.
2.      Memperhatikan kosakata dan tata bahasa yang kemungkinan berkaitan dengan nama-nama hari, bulan dan waktu secara kreatif  dan cermat serta penuh perhatian.
3.      Mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi nama-nama hari, bulan dan waktu.
4.      Mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan  terkait.
5.      Menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan secara kreatif  dan cermat.
c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Apersepsi :
Tanya jawab mengenai waktu (pengucapan jam)
2.      Motivasi :
memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
b.    Kegiatan Inti
1.      Mendengarkan dan merespon ungkapan tentang meminta dan memberi informasi,ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan, secara kreatif  dan cermat.
2.      Memperhatikan kosakata dan tata bahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
3.      Mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi,ungkapan terima kasih, permintaan maaf dan kesantunan dengan berpikir kritis dan cermat.
4.      Mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan  terkait.
5.      Menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan
c.    Kegiatan Penutup
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan tugas rumah;
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.  Sumber Pembelajaran                
Buku teks : English in focus 1: for grade VII Junior High School,Artono Wardiman, Depdiknas, 2008

6.  Penilaian                                      
a.   Teknik       :  Merespon ungkapan/pertanyaan secara lisan dan tertulis
b.   Bentuk      :  Pertanyaan lisan
c.   Instrumen  : 
I.    Listen to the expression and give your response orally!
1.      Where’s your book?
........................................
2.      I return your dictionary. Thank you very much.
........................................
3.      I always help you. What do you say?
........................................
4.      You drop my bag, Anna!
........................................
      It’ okey.
5.      I can’t do my homework.
........................................

II.        Listen to the expression and choose the best response a, b, c, or d.
1.      Rudi    :  Hi, Doni. Do you know Chandra? Where is he?
Doni    :  Oh, yes. He is ..............
a. in the class                                       c. drinking milk
b. our friend                                        d. watching TV
2.      Johny   :  Excuse me. Are you Tina?
Lisa     :  No, I’m not. I’m Lisa.
Johny   :  Oh, .........
Lisa     :  Never mind.
a. I see                                                 c. I’m sorry
b. I know                                             d. Thank you
3.      A         :  .............. I want to drink the medicine over there. I can’t take it.
B         :  O K.
a. Help me, please!                              c. Go out, please!
b. Excuse me                                       d. Join me please!

4.      Shanti  :  I’m very glad you give me some prizes, Father.   ...............  .
Father  :  You’re welcome.
a. I am lucky                                       c. Nice to meet you
b. Thank you very much                     d. How do you do?

5.      X         :  You are very kind to me. Thank you very much of all your help.
Y         :  ...........
a. Yes                                                  c. Don’t mention it
b. Okey                                               d. All right

  1. Pedoman Penilaian :
1.      Untuk nomor I, tiap jawaban benar diberi skor 3
2.      Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.      Jumlah skor maksimal :
I     5 X 3 =   15
II   5 X 2 =   10
Jumlah          25
4.      Nilai maksimal 100
5.      Nilai siswa =                   

  1. Rubrik Penilaian :
NO.
URAIAN
SKOR
I.
Isi Benar Tata Bahasa Benar
3

Isi Benar Tata Bahasa Kurang tepat
2

Isi dan Tata Bahasa Kurang tepat
1

Tidak menjawab
0
II.
Setiap Jawaban benar
2

Setiap jawaban salah / tidak menjawab
0



Mengetahui :                                                                           Lunyuk,                    2015
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



--------------------------                                             I MADE SUNARTA, S.Pd.Ing
NIP.                                                                      NIP. 

Silahkan  DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER 1

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di anggedek (depanjul.blogspot.com)

0 komentar:

Post a Comment

ONLINE