BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dari
observasi kelas dan refleksi guru, diperoleh kenyataan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk belum mampu
mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek
sederhana berbentuk advertisement dengan benar dan Meningkatkan kemampuan
berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi
dalam teks monolog berbentuk prosedur dengan metode
diskusi di
kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan pangamatan guru mata pelajaran ketika sedang
mengajar di kelas, ketidakmampuan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor
kelemahan atau kekurangan baik dari siswa maupun dari guru mata pelajaran itu
sendiri.
Adapun faktor-faktor menjadi penyebab ketidakmampuan
siswa dalam mengidentifikasi informasi
yang terdapat di dalam teks fungsinal pendek sederhana berbentuk
advertsement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa
untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk prosedur dengan
metode diskusi
di kelas VII SMP
Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012 tersebut adalah
kurangnya kosakata yang dimiliki oleh siswa sehingga tidak dapat mengerti arti
dari teks yang sedang mereka baca, siswa
kurang aktif yang disebabkan model atau metode yang digunakan kurang menarik
atau merangsang keinginan siswa untuk mengikuti materi pelajaran yang sedang
diajar.
Permasalahan pokok yang dibahas dalam penelitian ini
adalah ”Apakah penggunaan model think pair and share dapat meningkatkan kemampuan
siswa kelas VII SMP Negeri 2
Lunyuk dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional
pendek sederhana berbentuk advertisement dan meningkatkan kemampuan
berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi
dalam teks monolog berbentuk prosedur dengan metode
diskusi di
kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi yang
terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk advertisement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa
untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk prosedur dengan
metode diskusi
melalui penelitian
tindakan kelas. Diharapkan, dengan
menggunakan model think pair and share meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi
informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk
advertisement dan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan
berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi
dalam teks monolog berbentuk prosedur dengan metode
diskusi di
kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk.
B. Rumusan
Masalah
Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, peneliti dapat
merumuskan masalah sebagai berikut:
1.
“Apakah
dengan model think pair and share dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012
dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional yang
berbentuk advertisement ?”
2.
“Apakah
dengan metode diskusi dapat meningkatkan
kemampuan siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012 dalam mengungkapkan informasi dalam
teks monolog berbentuk prosedur.
C.
Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah :
1.
Berupaya
untuk menemukan peningkatkan prestasi hasil belajar siswa-siswi kelas VII di sekolah Menengah pertama Negeri 2 Lunyuk
dalam pembelajaran menemukan informasi dalam teks fungsional pendek sederhana
yang berbentuk advertisement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa
untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk prosedur.
2.
Sebagai
suatu upaya untuk menemukan aktivitas dan efektivitas siswa-siswi kelas VII di sekolah Menengah pertama Negeri 2 Lunyuk
dalam pembelajaran menemukan informasi dalam teks fungsional pendek sederhana
yang berbentuk advertisement meningkatkan kemampuan berbicara siswa
untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk prosedur.
D. Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini bagi :
a. Sekolah
Dengan hasil penelitian ini diharapkan Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Lunyuk dapat meningkatkan pemberdayaan penggunaan model think
pair and share dan metode diskusi untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik
tidak hanya pada pelajaran bahasa Inggris tetapi juga mata pelajaran lain yang
sekiranya materi yang diajarkan dapat
menerapkan model think pair and share dan metode diskusi ini.
b. Guru
Sebagai bahan masukan bagi guru yaitu menjadi bagian
variasi model pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar tidak monoton
sehingga peserta didik menjadi bosan yang menyebabkan kriteria ketuntasan
minimal yang telah ditetapkan oleh guru tidak tercapai. Sehingga dengan adanya model
ini diharapkan menjadi salah satu pilihan yang dapat menambah variasi model
pembelajaran yang dimiliki oleh guru.
c. Siswa
Dengan diterapkannya model ini, siswa dapat saling
bertukar pikiran, pendapat, kemampuan, dan pengetahuan untuk memahami dan
memecahkan serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara bersama-sama
guna memperoleh hasil yang lebih baik.
Bersambung ke PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB II
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di anggedek (depanjul.blogspot.com)
0 komentar:
Post a Comment