Home » » PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) judul MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS FUNGSIONAL PENDEK SEDERHANA DALAM BENTUK ADVERTISEMENT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE

PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) judul MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS FUNGSIONAL PENDEK SEDERHANA DALAM BENTUK ADVERTISEMENT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang  Masalah
Dari observasi kelas dan refleksi guru, diperoleh kenyataan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk belum mampu mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk advertisement dengan benar dan Meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur dengan metode diskusi di kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan pangamatan guru mata pelajaran ketika sedang mengajar di kelas, ketidakmampuan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor kelemahan atau kekurangan baik dari siswa maupun dari guru mata pelajaran itu sendiri.
Adapun faktor-faktor menjadi penyebab ketidakmampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi  yang terdapat di dalam teks fungsinal pendek sederhana berbentuk advertsement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur dengan metode diskusi di kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012  tersebut adalah kurangnya kosakata yang dimiliki oleh siswa sehingga tidak dapat mengerti arti dari teks yang sedang  mereka baca, siswa kurang aktif yang disebabkan model atau metode yang digunakan kurang menarik atau merangsang keinginan siswa untuk mengikuti materi pelajaran yang sedang diajar.
Permasalahan pokok yang dibahas dalam penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan model think pair and share dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk advertisement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur dengan metode diskusi di kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk advertisement dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur dengan metode diskusi melalui penelitian tindakan kelas.  Diharapkan, dengan menggunakan model think pair and share meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk advertisement dan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur dengan metode diskusi di kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk.
B.       Rumusan Masalah
Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
1.        “Apakah dengan model think pair and share dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012 dalam mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional yang berbentuk advertisement ?”
2.        “Apakah dengan metode diskusi  dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lunyuk tahun pelajaran 2011/2012 dalam mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur.
C.      Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran  
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah :
1.        Berupaya untuk menemukan peningkatkan prestasi hasil belajar siswa-siswi kelas VII di sekolah Menengah pertama Negeri 2 Lunyuk dalam pembelajaran menemukan informasi dalam teks fungsional pendek sederhana yang berbentuk advertisement dan  meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur.
2.        Sebagai suatu upaya untuk menemukan aktivitas dan efektivitas siswa-siswi kelas VII di sekolah Menengah pertama Negeri 2 Lunyuk dalam pembelajaran menemukan informasi dalam teks fungsional pendek sederhana yang berbentuk advertisement meningkatkan kemampuan berbicara siswa untuk mengungkapkan informasi dalam teks monolog berbentuk  prosedur. 

D.      Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini bagi :
a. Sekolah
Dengan hasil penelitian ini diharapkan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lunyuk dapat meningkatkan pemberdayaan penggunaan model think pair and share dan metode diskusi untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik tidak hanya pada pelajaran bahasa Inggris tetapi juga mata pelajaran lain yang sekiranya materi yang diajarkan  dapat menerapkan model think pair and share dan metode diskusi ini.
b. Guru
Sebagai bahan masukan bagi guru yaitu menjadi bagian variasi model pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar tidak monoton sehingga peserta didik menjadi bosan yang menyebabkan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh guru tidak tercapai. Sehingga dengan adanya model ini diharapkan menjadi salah satu pilihan yang dapat menambah variasi model pembelajaran yang dimiliki oleh guru.
c. Siswa

Dengan diterapkannya model ini, siswa dapat saling bertukar pikiran, pendapat, kemampuan, dan pengetahuan untuk memahami dan memecahkan serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara bersama-sama guna memperoleh hasil yang lebih baik.

Bersambung ke PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB II

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di anggedek (depanjul.blogspot.com)

0 komentar:

Post a Comment

ONLINE